Bulan Literasi Perdagangan Berjangka Komoditi

Surabaya (27/3/2023) Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya mengadakan MOU dengan ICDX lalu dilanjutkan dengan Seminar yang diadakan di Vidya Loka Lantai 3. Seminar tersebut dihadiri oleh 123 mahasiswa. ICDX membawakan topik Perdagangan Berjangka Komoditi di Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia.

Perdagangan Berjangka Komoditi yang selanjutnya disebut Perdagangan Berjangka adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan jual beli Komoditi dengan penarikan Margin dan dengan penyelesaian kemudian berdasarkan Kontrak Berjangka, Kontrak Derivatif Syariah, dan/atau Kontrak Derivatif lainnya.

Anang E. Wicaksono mengatakan salah satu kelebihan dari transaksi perdagangan berjangka komoditi yang pertama adalah di depan transaksinya tidak langsung serah terima, tidak langsung tunai maka hanya memerlukan sejumlah margin. Biasanya besarannya tidak lebih dari 5-10% di bawah itu. Dengan modal yang relatif terbatas pelaku bisa mengakses perdagangan dengan nilai value aset yang jauh lebih tinggi bisa 50 kali lipat daripada nilai jaminannya. Transaksi perdangan berjangka penyelesainnya dilakukan di waktu kemudian tidak langsung pada saat itu juga. Akibatnya waktu bisa berspekulasi melakukan tindakan jual dulu beli kemudian. “Ketika anda berinvestasi anda harus perhatikan legalnya, logisnya dan knowledge.