Kuliah Tamu : Pentingnya ATLAS dalam Proses Audit

Surabaya (23/10/2023) Prodi Akuntansi Universitas Katolik Darma Cendika mengadakan Kuliah Tamu dengan Tema, Pentingnya Atlas dalam Proses Audit. Kuliah tamu dilaksanakan di Ruang Seminar Timur dengan Narasumber Drs Agustinus Hartono Prasetyo, Ak. CA, BKP, CPA, CPSAK dari KAP Budi & Azhari. Acara dimulai tepat pukul 09.00 bersama moderator YOHANES FABIYOLA HALAN, SE., M.Ak., Ak., CA., Asean CPA.

Audit keuangan dilaksanakan dalam sebuah file dalam bentuk Excel yang terdiri dari beberapa sheet, yang secara umumnya akan langsung digabungkan menjadi satu Laporan Auditor Independen dan akan menentukan opini berdasarkan keakuratan dari laporan keuangan yang diaudit.

Dikutip dari Kepala Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK), hal tersebut mengakibatkan masih banyaknya kelemahan terkait pemahaman atas pelaksanaan audit berbasis risiko dan tidak adanya sarana audit yang dapat menunjang proses audit. Itu menjadi motivasi yang mendorong PPPK, sebagai salah satu instansi Kemenkeu, untuk merancangkan sarana audit yang efektif, yakni Audit Tool and Linked Archive System, atau ATLAS.

Drs Agustinus Hartono Prasetyo, Ak. CA, BKP, CPA, CPSAK menjelaskan ATLAS mulai dari pengenalan auditing dan akuntansi sampai dengan dokumentasi ATLAS sebagai kertas kerja pemisahan. Pada sesi terakhir ada tanya jawab yang dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk bertanya terkait kuliah tamu tersebut.