Kuliah Tamu : Kenapa Hutang Perlu Diatur ?

Surabaya (23/10/2023) Prodi Akuntansi Universitas Katolik Darma Cendika mengadakan Kuliah Tamu dengan Tema Cerdas Mengelola Keuangan & Mitigasi Dalam Berhutang bersama Narasumber Maychelie Vincent Liyanto [Senior Financial Planner PINA]. Kuliah Tamu tersebut diadakan secara Daring dengan Moderator RICHARD ANDREW, A.Md., Ak., S.Ak., M.Ak. sebagai Dosen Prodi Akuntansi.

Mahasiswa terlihat sangan interaktif pada saat kuliah tamu berlangsung karna adanya banyak pertanyakan yang diajukan oleh mahasiswa. Tema kali ini sangat menarik melihat banyak anak muda yang terjerat pinjaman online. Apalagi semakin banyak E-commerce yang makin bermunculan. Rata-rata uang tersebut untuk kebutuhan konsumtif seperti belanja online, travelling dan menonton konser.

Data statistik hutang di Indonesia 9% korban pinjaman online adalah karyawan. Dari data tersebut, kenapa hutang perlu diatur ? Hutang merujuk pada kewajiban finansial yang harus dibayar oleh individu atauentitas kepada pihak lain, biasanya dengan janji untuk membayar kembali jumlah yang dipinjam bersama dengan bunga atau biaya lainnya dalam jangka waktu tertentu.

Maychelie Vincent Liyanto mengatakan berhutang boleh, tapi harus punya strategi mitigasi risiko dalam berhutang. Dijelaskan juga pengelolan uang yang sehat adalah pengeluaran tidak lebih besar daripada pengeluaran.